๐Ÿ’ก Ikuti kami untuk mendapatkan update menarik lainnya Follow Now!

Pengenalan OSINT

Pengenalan OSINT, Manfaat OSINT, Sumber daya OSINT

OSINT
Source: Kevin ID

Mendengar kata OSINT pasti bagi beberapa orang yang berkecimpung di dunia cyber security sudah tidak asing mendengarnya 

Apa sih itu OSINT?

OSINT singkatan dari Open source intelligence adalah pengumpulan dan analisis informasi yang dikumpulkan dari publik, atau sumber terbuka. OSINT terutama digunakan dalam fungsi keamanan nasional , penegakan hukum , dan intelijen bisnis dan sangat berharga bagi analis yang menggunakan intelijen non-sensitif dalam menjawab persyaratan intelijen rahasia , tidak rahasia , atau kepemilikan di seluruh disiplin intelijen sebelumnya. 


Pernah dengerkan tentang polisi yang mengidentifikasi identitas penjahat melalui rekaman CCTV, itu juga merupakan salah satu metode OSINT

OSINT
Source: Kevin ID

 Manfaat OSINT

Didalam bidang cyber security OSINT sangat bermanfaat untuk mengidentifikasi dan filterisasi sebuah informasi dengan tujuan tertentu. Dengan adanya OSINT badan penegak hukum maupun intelejen akan akan sangat terbantu karena kejahatan cyber sekarang semakin marak terjadi. Pengumpulan data dari informasi publik untuk mengidentifikasi sebuah kejahatan akan semakin mudah, dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi kejahatan cyber juga tumbuh dengan pesat, dengan demikian software canggih untuk keperluan OSINT pun akan sangat berpengaruh.



Sumber daya OSINT

Sumber OSINT dapat dibagi menjadi enam kategori arus informasi yang berbeda: 

  1. Media: surat kabar cetak, majalah, radio, dan televisi dari dan antar negara. 
  2. Internet:publikasi online, blog, grup diskusi, media warga (mis. - video ponsel, dan konten buatan pengguna), YouTube, dan situs web media sosial lainnya (mis. - Facebook, Twitter, Instagram, dll.). Sumber ini juga mengungguli berbagai sumber lain karena ketepatan waktunya dan mudah diakses. 
  3. Data Pemerintah Publik: laporan pemerintah publik, anggaran, audiensi, direktori telepon, konferensi pers, situs web, dan pidato. Meskipun sumber ini berasal dari sumber resmi, namun dapat diakses publik dan dapat digunakan secara terbuka dan bebas.
  4. Publikasi Profesional dan Akademik: informasi yang diperoleh dari jurnal, konferensi, simposium, makalah akademik, disertasi, dan skripsi. 
  5. Data Komersial: citra komersial, penilaian keuangan dan industri, dan database. 
  6. Grey Literature: laporan teknis, pracetak, paten, kertas kerja, dokumen bisnis, karya yang tidak dipublikasikan, disertasi, dan buletin. 

sumber:https://www.cyberdefense.id/services/osint/

  Jadi gimana nih menurut kalian tentang OSINT menarik bukan?

jika kalian ingin belajar tentang OSINT bisa staytune terus blog ini yaa nanti akan ada materi dasar dasar osint loh :)

Baca juga :

About the Author

Need more coffee ☕, If you want to support me to pay domain, you can donate via Donate or Trakteer

4 komentar

  1. Mantap bro
    1. thanks
  2. test
  3. Keren sih
Komentar blog
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.