Lihat penawaran kami. Get now!!

Tutorial Kotlin : Membuat program Hello World

Membuat aplikasi Hello World menggunakan Kotlin dan cara Setup Project Kotlin di IntelliJ IDEA.

Halo semua pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita mengenai bahasa pemrograman kotlin, sebelum memulai pembelajaran kita kali ini pastikan kalian telah menginstal IDE untuk menjalankan program kotlin kalian, disini saya merekomendasikan menggunakan IDE dari Jetbrain yang bisa kalian download melalui Link berikut https://www.jetbrains.com/idea/download/ .

dan untuk cara instalasinya bisa kalian simak melalui postingan saya sebelumnya Tutorial Kotlin : Pengenalan Kotlin jika semua telah dilakukan mari kita bisa mulai tutorialnya.

Membuat project

Setelah selesai menginstall IntelliJ IDEA, klik New Project untuk memulai.

Setelah itu beri nama pada Project yang di buat, lalu pilih Kotlin sebagai bahasa pemrogramanya.

Untuk opsi JDK pilih saja JDK yang telah terinstal di komputer kalian, atau jika belum terinstall kalian bisa pilih Download JDK…

Lalu pilih versi yang kalian inginkan kemudian klik Download

Jika sudah berhasil mendownload JDK kalian bisa klik tombol Create di pojok kanan bawah.

Dengan demikian kalian sudah bisa mulai menuliskan kode program yang ingin dibuat.

Setelah berhasil menyiapkan project kita dapat membuat file baru untuk menuliskan kode program yang akan dibuat, Kita akan mulai membuat sebuah file project kotlin, arahkan folder ke  src > main > kotlin , lalu klik kanan pada folder kotlin kemudian pilih New > Kotlin Class/File perhatikan gambar di bawah.

Pilih opsi File kemudian beri nama sebagai contoh: “ Main

Sekarang anda telah berhasil membuat file bernama Main.kt, sekarang saatnya kita menuliskan kode kedalam file tersebut, kalian bisa tuliskan seperti contoh kode dibawah.

fun main() {
  println("Hello World")
}

Mari kita bedah kode diatas, kata kunci fun diatas digunakan untuk mendeklariskan sebuah fungsi. Fungsi adalah sebuah blok kode yang dapat digunakan untuk melakukan tugas tertentu, pada contoh kode diatas kita telah membuat sebuah fungsi main(). kalian akan sering menemukan fungsi tersebut pada setiap program kotlin. fungsi ini digunakan untuk menjalankan sebuah kode, setiap kode didalam tanda kurung kurawal didalam fungsi main() {} akandieksekusi. contoh kode diatas fungsi main() akan mengeksekusi fungsi println(). Fungsi println() digunakan untuk menampilkan/mencetak teks dan dalam contoh kasus diatas fungsi tersebut akan mencetak teks “Hello World”.

fyi : Di Kotlin, sintaks kode tidak harus diakhiri dengan titik koma (;) (seperti yang sering digunakan untuk bahasa pemrograman lain, seperti Java, C++, C#, dll.).

Menjalankan Program

Untuk menjalankan program kalian bisa menekan tombol segitiga di sebelah fungsi main, atau bisa menggunakan tombol segitiga di navigasi menu, atau bisa juga menekan tombol ctrl + alt + F5 , Lalu pilih mainKt.

JIka berhasil maka akan muncul terminal dibawah editor dan menampilkan kode yang dijalankan.

Yeay kita telah berhasil membuat program sederhana menggunakan kotlin, gunakan kreatifitas kalian dan silahkan ubah teks “Hello World” menjadi teks yang kalian inginkan misalnya biodata, daftar nama dan lain-lain.

Sekian dulu tutorial kali ini semoga bermanfaat dan terimakasih 😊

Baca juga :
Mau donasi lewat mana? Paypal Trakteer
BRI - Kevin Alfito (4152 0103 0882 532)
JAGO - Kevin Alfito (1023 6984 8254)
LineBank - Kevin Alfito (12324728800)
Traktir creator minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas
Student, Blogger

Posting Komentar

Komentar blog
© 2021 - Kevin Tekno. All rights reserved. Distributed by Infinity Blogger